Pusaka Mitrajasa Express

Jasa Kirim Barang Via Kereta-Api

Penyelesaian rel ganda Jakarta-Semarang dikebut

Posted by pusakamitrajasa on 09/09/2011

Kemenhub mempercepat penyelesaian rel ganda (double track) kereta api jalur Jakarta-Semarang sehingga dapat dioperasikan pada musim angkutan Lebaran 2012.

“Mungkin tahun depan sudah dapat difungsikan double track untuk kereta api Jakarta-Semarang,” kata Wakil Menhub Bambang Susantono hari ini.

Dia menambahkan dengan beroperasinya double track Jakarta-Semarang, yang merupakan bagian dari jalur ganda Jakarta hingga Surabaya sepanjang 727 km, akan membantu mengurangi beban jalan raya.

“Kalau jalan raya berkurang bebannya, diharapkan mampu mengurangi angka kecelakaan di jalan raya, sehingga tidak ada lagi angka kecelakaan seperti saat musim angkutan Lebaran seperti tahun ini,” tutur dia.

Kemenhub sendiri sebelumnya menargetkan proyek jalur ganda kereta api Jakarta-Surabaya sepanjang 727 km yang menelan dana Rp9,01 triilun selesai pada 2013. Dengan demikian dapat dioperasikan pada 2014. Bambang mengatakan target itu untuk mempercepat pengalihan angkutan barang dari jalan raya ke KA di jalur utara Jawa (Pantura).

Sampai dengan saat ini, dia memaparkan sebagian jalur ganda sudah selesai dibangun bahkan sebagian ruas sudah beroperasi. Jalur rel ganda Jakarta-Semarang yang sudah double track baru beberapa bagian yang selesai. Jalur ganda yang sudah dioperasikan yakni ruas rel Tegal-Pekalongan sepanjang 33 km yakni antara Petarukan-Larangan. Petarukan – Semarang sedang dalam proses pengerjaan fisik, dan Semarang – Surabaya masih single track (rel tunggal).

“Jalur Tegal-Pekalongan seluruhnya 63 km, yang sudah beroperasi hanya 33 km, dan ditargetkan mulai beroperasi 2012 untuk jalur ini,” tutur Bambang

Sumber: Bisnis.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: