Pusaka Mitrajasa Express

Jasa Kirim Barang Via Kereta-Api

Besok, Busway Larut Malam Beroperasi

Posted by pusakamitrajasa on 17/03/2011

Hilangnya sembilan trayek angkutan umum di sepanjang Koridor IX (Pinang Ranti-Pluit) sempat dikeluhkan masyarakat yang selesai berktivitas di malam hari. Pasalnya, angkutan umum tersebut biasa digunakan masyarakat untuk menuju kawasan Cawang manakala bus Transjakarta selesai beroperasi pukul 22.00 WIB.

Menanggapi keluhan masyarakat tersebut, Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta mulai memperpanjang jam operasional bus transjakarta di Koridor IX. Bus transjakarta larut malam ini akan beroperasi hingga pukul 24.00 WIB.

“Untuk peningakatan layanan busway maka besok, hari Jumat tanggal 18 Maret, bus transjakarta akan uji coba penambahan jam operasional hingga pukul 24.00,” ujar Kepala BLU Transjakarta, M Akbar, Kamis (17/3/2011), di Balai Kota DKI.

Pada tahap awal, transjakarta akan mengoperasikan enam unit bus dari Halte Pluit dan enam unit bus dari Halte Cililitan/PGC2. Bus pertama bus transjakarta larut malam ini akan berangkat dari Halte Pluit dan PGC2 mulai pukul 23.00 dan bus terakhir akan tiba pukul 24.00.

“Bus ini akan akan dioperasikan di 14 lokasi dari 25 halte yang ada di sepanjang Koridor IX,” ucap Akbar.

Keempat belas halte yang akan melayani operasi busway larut malam, yakni Cililitan/PGC2, Cawang UKI, Cawang Ciliwung, Pancoran Tugu, Kuningan Barat, Jamsostek Gatot Subroto, Semanggi, Slipi Petamburan, Slipi Kemanggisan, RS Harapan Kita, Tomang Central Park, Grogol 2, Penjaringan, dan Pluit.

“Sementara untuk penjualan tiket di Halte Pluit dan Cililiran PGC2 ditutup pukul 23.00 WIB, sementara halte-halte lain memiliki jam tutup loket yang berbeda,” ungkap Akbar.

Kepala Dishub DKI, Udar Pristono, mengungkapkan, pemilihan beberapa halte yang melayani transjakarta larut malam ini berdasarkan tingkat kepadatan penumpang yang ada dan juga dipilih di dekat pusat-pusat perbelanjaan.

“Semua halte yang kami pilih memang ramai dan dekat mal-mal yang biasnya karyawannya baru pulang larut malam,” ungkap Pris.

Pemilihan Koridor IX juga diakui Pris lantaran jumlah penumpang yang semakin meningkat dan sebagai pengganti sembilan trayek bus reguler yang dihapus pada Februari lalu. Saat ini, jumlah penumpang di Koridor IX mencapai 43.000 sehari.

Untuk bus transjakarta larut malam tersebut, Dishub menargetkan bisa melayani 700 penumpang tiap harinya. Jumlah tersebut diasumsikan dari jumlah penumpang yang ada pada pukul 19.00-22.00 WIB. Sebelum dioperasikan esok hari, Dishub akan melakukan sosialisasi melalui poster-poster yang diletakkan pada halte-halte yang melayani bus transjakarta larut malam.

“Semoga dengan adanya angkutan ini, masyarakat jadi tidak kehilangan transportasi umum dan yang sebelumnya pakai mobil atau motor bisa beralih ke bus transjakarta larut malam,” ucap Pristono.

Sumber: Kompas

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: