Pusaka Mitrajasa Express

Jasa Kirim Barang Via Kereta-Api

Meski menuai protes, pembatasan jam operasional truk bermuatan berat tetap berlaku

Posted by pusakamitrajasa on 14/01/2011

JAKARTA: Pemerintah Provinsi DKI Jakarta memaklumi munculnya banyak protes terhadap rencana pembatasan jam operasional truk bermuatan berat di jalanan dalam kota yang hanya diperbolehkan pada pukul 22.00 WIB hingga 06.00 WIB.

Menurut Wakil Gubernur DKI Jakarta Prijanto, pelaksanaan pembatasan jam operasional bagi truk angkutan berat di jalanan dalam kota sudah dilakukan di Provinsi Jawa Timur, dan langkah itu patut ditiru meski menuai banyak protes dari banyak pihak.

“Saya denger dari Kapolda [Metro Jaya], di Jawa Timur sudah diberlakukan. Segala sesuatu aturan, mesti ada resikonya,” ujar Prijanto saat diwawancara wartawan seusai sholat Jumat di Balaikota, hari ini.

Menurutnya, Pemprov DKI Jakarta harus melihat sisi positif dari rencana penerapan ini, yaitu untuk mengurangi beban jalan-jalan di dalam kota sekaligus mengurangi tingkat kemacetan yang salah satunya diakibatkan operasional angkutan truk bermuatan berat pada jam-jam kerja.

Apalagi berdasarkan informasi yang dia dapat, kota-kota besar di dunia juga menerapkan kebijakan pembatasan jam operasional truk-truk bermuatan di jalanan padat kendaraan pada jam-jam sibuk.

Oleh karena itu Prijanto menegaskan kebijakan pembatasan jam operasional di kawasan jalanan dalam kota wajib diterapkan, meski menuai banyak kecaman.

Sementara itu Ketua DPD Organda DKI Angkutan Khusus Pelabuhan Gumilang Tarigan mengatakan akan lebih baik jika kebijakan pembatasan operasional kendaraan truk bermuatan tidak dititikberatkan pada jam operasional, melainkan ruas-ruas jalan yang dilarang dilintasi

Sumber: Bisnis.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: