Pusaka Mitrajasa Express

Jasa Kirim Barang Via Kereta-Api

Gerbong khusus barang bantuan ke Yogya – GRATIS

Posted by pusakamitrajasa on 11/11/2010

Sejak Sabtu (6/11/2010), PT Kereta Api Indonesia menyediakan satu gerbong khusus untuk mengangkut bantuan dari warga Jakarta dalam tiga kali perjalanan Jakarta-Yogyakarta melalui Stasiun Besar Pasar Senen.

Humas Daop I Mateta Rijalulhaq mengatakan, fasilitas tersebut masih akan terus dilanjutkan. “Belum ada batas waktunya. Melihat situasional,” ungkap Mateta kepada Kompas.com, Kamis (11/11/2010).

Mateta terus mendorong warga yang ingin menyumbang kepada para korban bencana Gunung Merapi untuk memanfaatkan fasilitas ini. Pasalnya, atas dasar kemanusiaan PT KAI tidak mengenakan sedikit pun biaya bagi bantuan yang akan dikirimkan alias gratis.

Total ada tiga gerbong yang berangkat setiap hari melalui Stasiun Besar Pasar Senen, yaitu masing-masing satu gerbong di rangkaian KA Fajar Utama yang berangkat pukul 06.30, KA Senja Utama Yogyakarta pada pukul 18.00 dan KA Senja Utama Solo pada pukul 20.00.

Pengamatan Kompas.com, proses yang dilalui cukup mudah. Warga cukup mengemas bantuan dengan baik lalu datang langsung ke Posko Bantuan Pengangkutan Barang yang tersedia di Stasiun Besar Pasar Senen beberapa waktu sebelum keberangkatan kereta. Petugas akan mendata jumlah kemasan bantuan, memberikan tanda terima dan mencatat nomor tanda terima di kemasan bantuan.

“Bantuan bisa diambil di Stasiun Tugu (Yogyakarta). Kalau ada yang mau ngambil, tulis nama penerima di kemasan dengan jelas. Lalu kabarkan nomor yang tertulis di tanda terima. Tapi kalau mau menyumbang tanpa ada yang ngambil juga bisa. Kami langsung salurkan ke posko-posko di Yogya,” ungkap salah satu petugas.

Humas PT KAI Pusat Sugeng Priyono mengatakan, warga Jakarta perlu memanfaatkan fasilitas ini.

“Tidak ada pmbatasan berat, yang pasti bantuan dimaksud adalah barang yang digunakan untuk korban Merapi, misal selimut, pakaian, obat-obatan, dan makanan kering,” ujarnya.

Sumber: Kompas.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: