Pusaka Mitrajasa Express

Jasa Kirim Barang Via Kereta-Api

Ini Empat Langkah Jakarta Hadapi Pendatang Baru

Posted by pusakamitrajasa on 14/09/2010

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan mengambil beberapa langkah untuk memantau pendatang baru pada saat arus balik Lebaran tahun 2010 ini. Sebanyak 4 langkah telah dipersiapkan oleh Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil untuk mengendalikan jumlah pendatang baru yang diprediksikan sebanyak 60 ribu orang.

Langkah pertama yang dilakukan adalah memantau kedatangan kaum urban ke Ibu Kota. Caranya dengan mengerahkan aparat petugas Dinas Dukcapil DKI yang ada di 267 kelurahan untuk memantau daerahnya masing-masing.

“Karena mereka bisa tahu langsung jika terjadi peningkatan jumlah warga secara signifikan,” Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) DKI Jakarta Franky Mangatas Pandjaiatan  hari ini.

Langkah kedua, Menurut Franky, Dinas akan mengawasi daerah-daerah yang diindikasikan mengalami lonjakan jumlah penduduk yang sangat tinggi. Pendatang baru di daerah tersebut akan diberikan sosialisasi mengenai aturan kependudukan di DKI Jakarta.

Kemudian diberi kesempatan untuk mengurus kartu identitas sebagai warga Jakarta sesuai dengan aturan administrasi kependudukan. Langkah ketiga, Dinas Dukcapil akan melakukan uji petik simpati kependudukan di terminal bus kedatangan dan stasiun kereta api.

“Petugas  hanya menanyakan KTP dan hendak pulang ke daerah mana kepada warga yang datang. Tidak menangkap pendatang baru tersebut,” tutur Franky.

Menurut Franky, penangkapan pendatang baru pada arus balik tidak ada gunanya. Pasalnya penduduk di luar Jakarta menggunakan stasiun kereta api dan terminal bus hanya transit untuk melanjutkan kembali perjalanan pulangnya ke daerah asalnya.

Sedangkan uji petik simpati kependudukan sebenarnya telah dilakukan Dinas Dukcapil DKI di stasiun kereta api dan terminal bus dari tujuh hari sebelum Lebaran dan akan tetap dilaksanakan hingga seminggu setelah Lebaran.

Langkah final yang dilaksanakan Dinas Dukcapil, menurut Franky adalah Operasi Yustisi Kependudukan (OYK) akan dilakukan serentak di lima wilayah DKI Jakarta. “Sekali lagi tujuan OYK bukan untuk menakuti warga, melainkan hanya untuk mengingatkan pendatang baru agar segera melengkapi syarat administrasi kependudukan,” kata Franky.

TEMPO Interaktif, Jakarta

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: