Pusaka Mitrajasa Express

Jasa Kirim Barang Via Kereta-Api

Catatan Penting bagi Pemudik Motor

Posted by pusakamitrajasa on 06/09/2010

Bagi pemudik yang tak punya pilihan lain selain menggunakan motor, keselamatan selama perjalanan tetap menjadi prioritas. Berikut ini beberapa catatan bagi pemudik yang menggunakan sepeda motor:

Pemudik perlu menyiapkan mental.

Buatlah senang perasaan Anda, hilangkan beban, perasaan waswas, atau khawatir berlebihan. Bangun perasaan bahwa mudik dengan motor itu menyenangkan.

Pemudik perlu menyiapkan pengetahuan.

Pemudik penting untuk tahu tentang rencana mudik yang akan diberlakukan. Pemudik perlu memiliki pengetahuan tentang kondisi rute perjalanan, kondisi sepeda motor, dan info lainnya seputar mudik.

Pemudik perlu mempersiapkan fisik.

Pemudik motor perlu istirahat cukup sebelum pergi. Hindari minum obat-obatan yang membuat Anda mengantuk dan lemah selama di perjalanan nanti.

Pemudik perlu menyiapkan sepeda motor.

Sebelum mudik, ada baiknya motor dibawa ke bengkel. Sampaikan kepada mekanik, motor Anda akan digunakan sebagai alat transportasi mudik. Pastikan pula kelengkapan standar motor, seperti kaca spion, sistem kelistrikan, sistem pengereman, sistem penggerak, dan rangka motor.

Minimalkan barang bawaan.

Ada baiknya persiapkan barang-barang Anda agar mudah dibawa. Jangan sampai barang-barang bawaan Anda justru membuat Anda kesusahan mengendalikan sepeda motor. Tempatkan beban mengarah ke depan di atas motor.

Jangan ikatkan barang Anda di bagian belakang sumbu motor.

Hal itu justru membuat Anda kesulitan menghentikan atau membelokkan kendaraan. Sebisa mungkin gunakan tail box, side box, atau tank bag. Atau jika tidak ada, gunakan kotak penyimpan dengan alat pengikat yang tidak terpengaruh panas matahari.

Gunakan alat pelindung diri (APD).

Anda pun harus tetap perhatikan keselamatan selama perjalanan jarak jauh. Pakailah helm dengan standar nasional, sarung tangan, dan jaket yang tahan terpaan angin.

Ada baiknya Anda menggunakan jaket berwarna cerah dan memantulkan cahaya, celana panjang dengan bahan jins, dan sepatu yang menutupi tumit. Selain itu, Anda juga sebaiknya mempersiapkan jas hujan, dokumen penting, obat-obatan, tool kit standar, serta suku cadang standar (busi, bohlam lampu, kabel kopling, dan kabel gas).

Sumber: Kompas

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: