Pusaka Mitrajasa Express

Jasa Kirim Barang Via Kereta-Api

PT. KA Sesuaikan Grafik Perjalanan Per 1 Maret 2010

Posted by pusakamitrajasa on 18/02/2010

Dalam rangka memenuhi perubahan kebutuhan konsumen akan penggunaan jasa angkutan kereta api baik barang maupun penumpang, akan diberlakukan Grafik Perjalanan Kereta Api (GAPEKA) baru mulai tanggal 1 Maret 2010. Perubahan grafik tersebut selain melihat perkembangan pasar angkutan yang ada, juga didasarkan pada adanya peningkatan kondisi prasarana dan sarana serta penambahan partial double track sehingga terdapat peningkatan waktu tempuh perjalanan KA.

Gapeka yang berlaku saat ini adalah Gapeka tahun 2008 yang berlaku 1Juli 2008. Biasanya Gapeka memang selalu berubah secara periodik disesuaikan dengan dinamika kebutuhan pasar melalui perubahan jam berangkat dan kedatangan kereta api. Pada tahun lalu terdapat beberapa KA yang terpaksa dibatalkan perjalanannya, namun sebaliknya ada pula penambahan operasional beberapa KA baru, baik penumpang maupun barang.

Direktur Operasi PT KA, Bambang Irawan mengatakan bahwa secara operasional pihaknya selalu mendukung apa yang menjadi keinginan pasar melalui penyesuaian grafik perjalanan KA yang akan berlaku ini, tentu dengan mempertimbangkan kondisi sarana dan prasarana yang ada. Selanjutnya dikatakan bahwa terdapat peningkatan rata-rata waktu tempuh berdasarkan jenis KA sebagai berikut :

·         Argo                  : rata-rata lebih cepat 12 menit

·         Satwa                : rata-rata lebih cepat 29 menit

·         Bisnis/ Bis-Eks   : rata-rata lebih cepat 27 menit

·         Ekonomi            : rata-rata lebih cepat 29 menit

·         Barang               : rata-rata lebihcepat 41 menit

Berdasarkan data tersebut tampak bahwa secara operasional terdapat peningkatan waktu tempuh perjalanan KA yang cukup signifikan, rata-rata mulai 12 menit sampai dengan 41 menit. Untuk KA Ekonomi, dengan jumlah penumpang terbanyak yang diangkut oleh PT KA rata-rata mengalami peningkatan 29 menit.

Bila ditinjau dari sisi peningkatan kehandalan sarana, hal tersebut didukung dengan adanya langkah-langkah peremajaan maupun investasi (lokomotif, kereta dan gerbong) yang telah dilakukan sejak beberapa tahun terakhir, sehingga terdapat peningkatan kecepatan dengan tetap memperhatikan tingkat keselamatan.

Vice President Public Relations PT KA, Adi Suryatmini mengatakan bahwa perubahan Gapeka 2010 ini diharapkan dapat lebih mendekatkan jadual KA sesuai keinginan pelanggan dan sekaligus dalam rangka memenuhi 4 pilar utama, yaitu  keselamatan, ketepatan waktu, pelayanan dan kenyamanan  Sejumlah program inovasi peningkatan pelayananpun senantiasa diperbaiki agar lebih customer oriented, seperti peningkatan kebersihan kereta dan stasiun, e-ticketing untuk penumpang KRL Jabodetabek, no telp. 121 sebagai call center PT KA, website korporat (www.kereta-api.co.id) yang lebih informatif, kemudahan  ticketing-online dan perbaikan fasilitas layanan lainnya, demikian Adi menambahkan.(humaska)

Sumber: PT Kereta Api

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: