Pusaka Mitrajasa Express

Jasa Kirim Barang Via Kereta-Api

  • Welcome 2
  • Jl.Kampung Bandan 1 No.1A
    Jakarta Utara 14430
    0851-0029-5472
  • Categories

  • Calendar

    December 2009
    M T W T F S S
     123456
    78910111213
    14151617181920
    21222324252627
    28293031  
  • Recent Posts

  • Recent Comments

    pusakamitrajasa on Libur Idul Fitri 2013
    nunu on Libur Idul Fitri 2013
    pusakamitrajasa on Greeting
    wibowo santoso on Greeting
    pusakamitrajasa on Tips & Trik Jika Rem Mobil…
    Azis Motor Depok on Tips & Trik Jika Rem Mobil…
    pusakamitrajasa on Greeting
  • Top Posts

  • Top Rated

  • Archives

  • Subscribe

  • Meta

Musim Hujan Datang, Periksa Kolong Mobil

Posted by pusakamitrajasa on 14/12/2009

Jangan pernah lalai melongok kolong mobil. Bukan mau menakut-nakuti. Ada beberapa komponen yang perlu mendapat perhatian. Bila didiamkan dan mengalami keropos, bisa mempengaruhi performa mobil, juga bisa merusak komponen vital. Apalagi sekarang ini mulai memasuki musim hujan, meski frekuensi curahnya belum setiap hari.

Seperti knalpot, kalau sampai bocor akibat kolong jarang dicuci, membuat sistem saluran buang tidak sempurna. Komponen lainnya, dek dari logam atau plastik yang melindungi bagian mesin dari hantaman batu atau cipratan air. Di samping melindungi, dek tersebut juga berfungsi sebagai perangkat aerodinamika (menyalurkan udara).

Agar kondisi dek dan kolong terjaga dari serangan karat, ada beberapa hal yang bisa dilakukan

1. Kenali dan pelajari bagian bawah mobil sejak pertama kali diterima, mulai dari depan sampai belakang.

2. Lakukan pemeriksaan secara periodik, baik saat mencuci maupun dibawa ke bengkel. Ketika mencuci bawa ke tukang cuci yang mempunyai car lift dan penyemprotannya menggunakan kompresor.

3. Selain dek, juga periksa sistem knalpot. Terutama di mulut muffler, baik yang di belakang maupun di tengah. Jika terjadi kebocoran, selain menimbulkan suara yang kurang bagus, juga mengurangi performa mesin.

4.Jika ada pengait atau baut yang lepas, cepat ganti. Begitu juga sampai ada yang kendur, kencangkan.

5. Saat menerjang banjir (genangan air), sebaiknya dengan kecepatan rendah (merayap). Bila diterjang dengan kecepatan 10 sampai 15 km/jam, bisa-bisa dek pelindung penyok atau luban baut sobek.

6. Usai melibas banjir, secepatnya periksa kolong. Pastikan bagian pelindung-pelindung tidak lepas atau membawa kotoran.

Sumber:Kompas.com

Leave a comment