Pusaka Mitrajasa Express

Jasa Kirim Barang Via Kereta-Api

98 Persen Produksi PT INKA untuk Dalam Negeri

Posted by pusakamitrajasa on 19/01/2009

SURABAYA,

Selama tahun 2009 ini, sekitar 98 persen pesanan komponen kereta api dan non kereta api ke PT Industri Kereta Api atau PT Inka masih didominasi pemain dalam negeri, khususnya Departemen Perhubungan dan PT Kereta Api. Sementara itu, hanya sekitar 2 persen sisanya yang diekspor.

Total nilai pemesanan komponen kereta api dan non kereta api ke PT Inka pada tahun 2009 sebesar Rp 716 miliar. Dari jumlah tersebut, Rp 358 mil iar berasal dari pesanan Departemen Perhubungan, khususnya Direktorat Jenderal Perkeretaapian, Rp 309 miliar dari PT Kereta Api, Rp 49 miliar untuk produksi bus gandeng pesanan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, dan Rp 14 miliar untuk ekspor komponen gerbong ke Australia.

Direktur Administrasi dan Keuangan PT Inka Bambang Soendjaswono mengungkapkan, PT Inka juga sedang mengikuti tender pembuatan kereta listrik pesanan Malaysia. Dari delapan negara yang mengikuti tender, kini tinggal tersisa PT Inka dari Indo nesia dan PT CAF dari Spanyol.

“Nilai investasi tender ini sekitar Rp 160 juta ringggit atau sekitar Rp 400 miliar. Dalam tender tersebut PT Inka telah mengalahkan lima negara produsen kereta lain, termasuk China. Semoga tahun ini tender tersebut dapat dimenangkan PT Inka,” ujarnya, Jumat (16/1) di sela Rapat Umum Pemegang Saham tiga Badan Usaha Milik Negara, yaitu PT Dok dan Perkapalan Surabaya, PT Barata, dan PT Inka di Surabaya.

Selama tahun 2008, PT Inka mengalami peningkatan pendapatan sebesar 30 persen dari tahun 2007. Pendapatan PT Inka hingga akhir 2008 sebesar Rp 538,95 miliar. Krisis keuangan global ternyata tak menyurutkan bisnis perkeretaapian. Hal ini terbukti dari naiknya nilai proyek tahun 2009 sebesar 30 persen. Tahun lalu pendapatan PT Inka Rp 538,95 miliar dan tahun ini naik hingga Rp 716 miliar.

Sementara itu, laba yang mampu dihasilkan PT Inka selama tahun 2008 sebesar Rp 28 miliar atau naik sekitar 44 pesen dibandingkan target awal pencapaian laba sebesar Rp 19,4 miliar.

Sumber: Kompas.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: