Pusaka Mitrajasa Express

Jasa Kirim Barang Via Kereta-Api

SPBU Wajib Jual Biofuel

Posted by pusakamitrajasa on 21/08/2008

JAKARTA – Upaya menggalakkan pemakaian Bahan Bakar Nabati (BBN) atau biofuel terus dilakukan. Untuk sektor transportasi, akan diawali dengan aturan bagi Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) untuk hanya menyediakan premium yang dicampur dengan bioethanol dan solar yang dicampur dengan biodiesel.

Menurut Dirjen Minyak dan Gas Departemen ESDM Evita H. Legowo, Pertamina sudah setuju dengan aturan tersebut dan akan mulai diterapkan di seluruh SPBU-nya yang berada di wilayah Jakarta Pusat. “Per 1 September nanti, SPBU Pertamina di Jakarta Pusat, sudah tidak menjual premium murni bersubsidi, tapi sudah pakai bioethanol,” katanya seusai mengikuti peringatan Kemerdekaan RI yang ke-63 di Departemen ESDM, Jakarta, kemarin.

Selanjutnya, terang Evita, aturan tersebut akan diperluas untuk SPBU-SPBU di wilayah lain. Namun, khusus untuk wilayah-wilayah terpencil dan sukar dijangkau, pemerintah masih tetap membolehkan SPBU menjual premium dan solar murni bersubsidi. “Tapi, arahnya nanti semua SPBU yang memungkinkan juga akan diwajibkan,” terangnya.

Evita mengatakan, kadar campuran bioethanol untuk premium dan biodiesel untuk solar ditetapkan pada angka 3 persen. Angka tersebut memang masih cukup rendah. Namun, itu tak lepas dari masih minimnya pasokan biofuel. “Jadi, itu untuk menjaga pasokan saja,” jelasnya.

Selain sektor transportasi, mandatory atau kewajiban menggunakan BBN juga akan diterapkan pada sektor industri dan pembangkit listrik. “Kita harapkan, September ini sudah keluar aturan mandatory BBN,” ujarnya.

Selain mekanisme tersebut, sambungnya, untuk menekan subsidi BBM tahun depan, pemerintah tidak lagi memberikan jatah BBM subsidi untuk kendaraan TNI dan Polri. Selanjutnya, TNI dan Polri harus membeli BBM dengan harga keekonomian.

Menurut Evita, jika semua mekanisme pengetatan konsumsi BBM subsidi ini berjalan, diperkirakan konsumsi BBM nasional pada tahun depan bisa ditekan 2,5 persen dari kuota APBN 2009. (owi/ttg)

Sumber: Jawa Pos

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: