Pusaka Mitrajasa Express

Jasa Kirim Barang Via Kereta-Api

Waspada Rob 18-20 Juni

Posted by pusakamitrajasa on 16/06/2008

Warga yang tinggal di pesisir utara Jakarta kembali diminta untuk waspada terhadap pasang air laut atau rob yang diperkirakan akan melanda kawasan tersebut tanggal 18, 19, dan 20 Juni mendatang. Meskipun ketinggian air pasang diperkirakan tidak setinggi pada tanggal 3 Juni lalu, namun dampaknya akan menghambat aktivitas masyarakat.

Kepala Badan Meterologi dan Geofisika (BMG) DKI Jakarta, Ponco Nugroho, Jumat (13/6) mengungkapkan, pasang air laut maksimum terjadi karena pengaruh bulan purnama. “Ketinggian absolut mencapai 1 meter. Artinya perhitungan ketinggian airnya realatif sehingga perhitungannya berbeda dengan Departemen Pekerjaan Umum serta Jawatan hidologi & Oceonografi TNI AL,” katanya.

Sekadar mengingatkan, rob di kawasan pantai utara Jakarta pada 3 Juni lalu pukul 21.00 WIB, mencapai 2,05 Pel Priok (PP). Sedangkan genangan air yang terjadi malam itu hanya setinggi 50 cm. Akibat adanya banjir rob ini sejumlah aktivitas di beberapa wilayah di Jakarta Utara terganggu. Misalnya saja, hasil tangkapan laut menurun, terganggunya jalur transportasi darat, dan tutupnya sejumlah warung.

Dengan adanya musibah banjir rob ini, Peprov DKI Jakarta berkomitmen akan mencari terobosan yang jitu. Salah satunya, akan memasukan indikator dampak pasang laut ke dalam kajian masterplan penanggulangan banjir di DKI Jakarta secara keseluruhan.

“Kita akan melakukan review masterplan penanggulangan banjir dengan menambahkan elemen pasang laut dan penurunan permukaan tanah di pesisir Jakarta Utara ini. Dengan demikian nanti akan dicarikan solusinya,” ujar Gubernur Fauzi Bowo.

Fauzi mengatakan, pihaknya akan merevitalisasi fungsi Waduk Pluit yang saat ini terjadi pendangkalan akibat banyaknya pemukiman di sekitar waduk tersebut. Rencananya pengerukan waduk tersebut akan dimulai tahun ini dan akan selesai tahun 2012 mendatang.

“Waduk ini tidak akan berfungsi secara optimal jika posisinya masih seperti sekarang, kita harus melakukan pengerukan. Tapi sebelum kita keruk tentu kita akan melakukan relokasi secara bijak dulu. Anggarannya sudah ada tahun ini, dan kita targetkan dalam tiga tahun akan selesai,” ungkap pria kelahiran Jakarta 10 April 1948 itu.

Wawan

Sumber : beritajakarta.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: